Pengertian dan Sejarah Khitan

Pengertian dan Sejarah Khitan | Kumpulan Doa Assalamualaikum Kakak Adek Ibu Bapak dimanapun kalian berada kali ini saya akan membagikan Pengertian dan Sejarah Khitan, seorang muslim laki-laki wajib di khitan untuk menjaga kebersihan dan kesucian badan, apa itu khitan dan bagaimana sejarah khitan berikut Pengertian dan Sejarah Khitan:



Pengertian Khitan

Khitan menurut bahasa adalah memotong sedangkan menurut istilah khitan adalah memotong kulit (quluf) yang menutupi ujung kemaluan laki-laki, dengan tujuan agar bersih darn terhindar dari kotoran dan agar suci dari najis. Islam mengajarkan umatnya untuk selalu menjaga kebersihan diri salah satunya dengan berkhitan, sebab jika laki-laki belum di khitan ketika buang air kecil kotoran akan berkumpul di ujung kulit kemaluan. Sedangkan yang sudah kita ketahui bersama bahwa air seni itu najis, sehingga shlat wudhu dan lainnya tidak sah karena adanya najis dibadan.

Sejarah Khitan

Khitan merupakan syariat islam yang berasal dari ajaran dari Nabi Ibrahim as, khitan yang dilakukan nabi Ibrahim as saat berumur delapan puluh tahun dengan menggunakan kapak sedangkan nabi Adam as serta Siti Hawa telah dikhitan ketika diciptakan oleh Allah Swt.

Hukum Khitan

Hukum berkhitan bagi laki-laki secara fikih adalah wajib sedangkan bagi perempuan hukumnya sunnah karena suatu kemuliaan. Dengan berkhitan orang berarti telah mengikuti sunnah Rasulullah saw.

Waktu Pelaksanaan Khitan

Waktu wajib khitan adalah saat seseorang sudah baligh, karena pada saat itulah wajib melaksanakan shalat. Tanpa khitan shalat tidak bisa sempurna karena salah satu syarat sah shalat adalah suci.
Waktu sunnah adalah saat seseorang sebelum baligh. Pilihan yang baik saat berumur 7 hari atau 40 hari, Namun dianjurkan berumur 7 tahun.

Hikmah Khitan

  • Menjaga kebersihan dan kesucian badan
  • Kesempurnaan seorang muslim
  • Menjadikan kemaluan lebih bersih dan mudah membersihkannya.
  • Sebagai ciri pengikut Nabi Muhammad saw dan pelestari syariat nabi Ibrahim as.
  • Mencegah timbulnya berbagai macam penyakit.
 Demikianlah Pengertian dan Sejarah Khitan Semoga bermanfaat, untuk informasi pendidikan silahkan klik Portal Informasi Pendidikan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel