Kepemilikan: Pengertian, Sebab dan Macam-macam kepemilikan ( Milkiyah)

Kepemilikan: Pengertian, Sebab dan Macam-macam kepemilikan ( Milkiyah) | Bahas FikihAssalamualaikum Bapak Ibu kakak adaek dimanapun kalian berada kali ini saya akan membagikan Pengertian, Sebab dan Macam-macam kepemilikan ( Milkiyah), Islam telah mengatur segala aspek kehidupan umatnya termasuk kepemilikan suatu barang. Segala benda yang dimiliki seserang harus didapat dengan cara yang baim dan halal, bukan melalui sesuatu yang haram seperti mencuri, merampas dan lain sebagainya. berikut Pengertian, Sebab dan Macam-macam kepemilikan ( Milkiyah):


Baca Juga 
 

Pengertian Kepemilikan (Milkiyah)

Milkiyah menurut bahasa berasal dari  Milkun yang artinya sesuatu yang berada dalam kekuasaannya, sedang milkiyah menurut istilah adalah suatu harta atau barang yang secara hukum dapat dimiliki oleh seseorang untuk dimanfaatkan dan dibenarkan untuk dipindahkan penguasaannya kepada orang lain.

Sebab-sebab Kepemilikan

  1. Barang belum ada yang memiliki secara Sah seperti: Burung Liar, Air Hujan dll
  2. Barang dimiliki melalui akad Seperti: Jual Beli, Sewa Menyewa, Hutang Piutang dll
  3. Barang dimiliki melaluiperkembangbiakan seperti: Telur dari ayam yang sudah dimiliki, Anak kerbau dari kerbau yang dimiliki secara sah dll

Macam-macam kepemilikan

  1. Kepemilikan Penuh yakni Penguasaan barang secara bebas dan dibenarkan secara hukum.
  2. Kepemilikan Materi yakni Kepemilikan barang terbatas pada penguasaan materinya saja.
  3. Kepemilikan Manfaat yakni Kepemilikan barang atas pemanfaatannya saja

Macam-maam Kepemilikan Menurut Husain Abdullah

  1. Kepemilikan pribadi (Individu), yakni suatu harta yang dimiliki seseorang atau kelompok, namun bukan untuk umum, Contohnya: Rumah, Mobil, Sawah dan lainlain.
  2. Kepemilikan publik (umum), yakni harta yang dimiliki oleh banyak orang. Contohnya: Jalan Raya, laut, lapangan Olah Raga dan lain-lain.
  3. Kepemilikan Negara Contohnya: Gedung Sekolah Negeri, Gedung Pemerintahan, Hutan dan lain-lain.

Demikianlah Pengertian, Sebab dan Macam-macam kepemilikan ( Milkiyah) semoga bermanfaat, untuk mendapatkan barang yang kita inginkan kita dianjurkan untuk selalu berdoa an selalu berusaha dengan giat. Karena malas bukan ajaran dari Rasulullah Saw, Rosul mengajarkan kita untuk selalu giat bekerja tanpa melalaikan kewajiban kita beribadah. Demikian smoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel