Haid: Pengertian,Waktu,Hal Yang Dilarang dan Tata Cara Bersuci Dari Haid


Haid: Pengertian,Waktu,Hal Yang Dilarang dan Tata Cara Bersuci - Ketika seorang perempuan sudah berumur sembilan tahun atau lebih seorang perempuan akan mengalami suatu peristiwa keluarnya darah berwarna merah kehitaman dari alat kelaminnya, keluarnya darah tersebut menandakan seorang perempuan sudah masuk ke masa Baligh, masa dimana telah diwajibkannya seluruh perintah dan kewajiban agama islam, seperti Shalat, Puasa, dan kewajiban-kewajiban lainnya. Kali ini saya akan membagikan.

Pengertian Haid


Haid menurut bahasa artinya aliran atau sesuatu yang mengalir. Sedangkan menurut istilah haid adalah darah yang keluar dari rahim perempuan pada waktu-waktu tertentu yang menandakan ia sudah baligh. sehingga darah haid bukanlah darah penyakit (istihadhah) atau darah yang keluar setelah melahirkan, melainkan Darah haid adalah darah kotoran.

وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّى يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ
 
Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, ‘Itu adalah suatu yang kotor’. Karena itu jauhilah istri pada waktu haid; dan jangan kamu dekati mereka sebelum suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperinthakan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri” (QS. Al-Baqarah [2]: 222)

Waktu Keluarnya Haid

Waktu keluarnya haid adalah minimal sehari semalam dan maksimal lima belas hari lima belas malam, namun secara normal biasanya masa waktu keluarnya darah haid
enam atau tujuh hari.

Hal-hal Yang Di Larang Saat Haid

  1. Melaksanakan Shalat Perempuan yang sedang haid dilarang shalat sunnah maupun shalat wajib lima waktu.  Apabila datang haid, maka tinggalkanlah shalat. (HR. Bukhari) 
  2. Puasa Perempuan yang sedang haid tidak diperbolehkan puasa wajib maupun sunnah, namun setelah bersuci dari haid diwajibkan untuk mengqadha puasa tersebut. Nabi saw berkata kepada beberapa perempuan, “Bukankah perempuan ketika haid itu tidak sholat dan tidak puasa ?”Jawab mereka, “Ya benar“ kata Rasulullah bersabda : “Itulah kekurangan agama perempuan”. ( HR.Bukhari ) 
  3. Thawaf
  4. Menyentuh mushaf dan membaca Al-Quran
  5. I’tikaf di Masjid
  6. Jima’
  7. Bercerai

Tata Cara Bersuci Setelah Haid

Adapun mandi wajib yang fardlu adalah sebagai berikut :
  1. Niat untuk mensucikan diri dari hadast besar
  2. Menyiram air keseluruh bagian tubuh sampai rata tanpa ada yang tertinggal.
  3. Mengalirkan air ke jari-jari dan rambut.
Sedangkan yang disunnahkan dalam mandi wajib adalah sebagai berikut :
  1. Membaca basmalah bersamaan dengan niat mandi
  2. Membersihkan kedua telapak tangan sebelum memasukan ketempat air
  3. Menghilangkan kotoran yang ada pada badan
  4. Membersihkan kemaluan atau beristinja’
  5. Berwudlu dengan sempurna sebelum mandi
  6. Mencelupkan kedua tangan ke dalam air dan siramkan air ke akar- akar rambut kepala
  7. Menyiram air ke kepala sebanyak tiga kali dan meng guyur- kannya keseluruh tubuh
  8. Mendahulukan anggota badan sebelah kanan
  9. Tidak meminta tolong kepada orang lain kecuali ada udzur
  10. Tidak berbicara kecuali ada kebutuhan
  11. Mandi dilakukan di tempat yang tidak terkena percikan air mandi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel